cover
Contact Name
Ejen Jenal Mutaqin
Contact Email
caxra@institutpendidikan.ac.id
Phone
+6285222293501
Journal Mail Official
caxra@institutpendidikan.ac.id
Editorial Address
https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/caxra/about/editorialTeam
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
ISSN : 27984028     EISSN : 27982036     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar Teori Belajar Kurikulum dan Teknologi dalam Pendidikan Manajemen dan Sekolah Kebijakan Sekolah Siswa Meta Kognitif di Sekolah Dasar Literasi Sekolah Dasar Metodologi Pembelajaran Sekolah Dasar (belajar dan pembelajaran, strategi, model, pendekatan, metode dan teknik pembelajaran, evaluasi pembelajaran, psikologi pembelajaran, dan atau pedagogy, sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan)
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2022)" : 10 Documents clear
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA Muhammad Hadi Fauzi; Hudiana Hernawan; Ajang Rusmana; De Budi Irwan Taofik
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/caxra.v2i2.2068

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Metode penelitian yang dipakai peneliti yaitu True Eksperimental Design dengan jenis Posttest Only Control Design. Dalam rancangan ini memilih subjek menjadi dua kelompok yang mendapatkan perlakuan posttest. Sampel penelitian ini adalah 20 siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas V A sebagai kelas kontrol Hasil yang dapat dilihat dari penelitian pengaruh media pembelajaran game edukasi terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 2 Lengkongjaya ini adalah (1) penerapan media pembelajaran game edukasi terlaksana dengan baik dan efektif, (2) minat belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki perbedaan minat yang cukup signifikan (3) adanya pengaruh media pembelajaran game edukasi terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA. Dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan membandingkan hasil  2,50 lebih besar dari  taraf 5% 2,09 dan taraf 1% 2,86, dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil ditolak yang berarti hipotesis alternatif diterima dengan 2,09< 2,50 > 2,86.
HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN SEKECAMATAN KLIRONG TAHUN AJARAN 2021/2022 Nur Isnaeni; Tri Saptuti Susiani; Muhamad Chamdani
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/caxra.v2i2.2375

Abstract

The study aims to analyze correlation of: (1) independence in learning on natural science learning outcomes, (2) learning environment at schools on natural science learning outcomes, and (3) independence in learning and learning environment at schools on natural science learning outcomes to fifth grade students of public elementary schools. It was multiple correlation quantitative method. The population were 725 students with a sample of 312 students who were randomly selected with cluster random sampling technique. The results indicated that: (1) there was positive and significant correlation between independence in learning and natural science learning outcomes (Sig. 0.000 < 0.05) with coefficient value 0.461; (2) there was positive and significant correlation between learning environment at schools and natural science learning outcomes (Sig. 0.000 < 0.05) with coefficient value 0.446; and (3) there was positive and significant correlation between independence in learning and learning environment at schools on natural science learning outcomes (Sig. 0.000 < 0.05) with coefficient value 0.488. It concludes that there is positive and significant correlation of the independence in learning and learning environment at schools on natural science learning outcomes to fifth grade students of public elementary schools.
IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS, TOLERANSI, KEJUJURAN, DAN DISIPLIN DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR Abdul Hakim; Seni Dwi Febrianty
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/caxra.v2i2.2259

Abstract

Character education in thematic learning is still experiencing many problems. The purpose of this study is to describe:1) Implementation of the four values of character education in the thematic learning process; 2) Obstacles encountered in the process of implementing the four values of character education in thematic learning; 3) Solutions in dealing with problems in the process of implementing the four values of character education in thematic learning. Character values that are focused on by researchers are religious character values, tolerance character values, honest character values, and discipline character values. This study uses a qualitative phenomenological approach with descriptive type. The subjects of this study were teachers and third grade students. Teachers develop character education in the learning process by applying habits. The obstacles faced are in inadequate facilities and infrastructure such as learning media, attitude assessment and family factors. Efforts are being made to develop media and learning methods and conduct attitude assessments flexibly according to thefindings in the field.
PENGARUH MEDIA SMART BOOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA Ai Hani Mulyani; Eko Fajar Suryaningrat; Dea Sri Pujiasti
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/caxra.v2i2.2039

Abstract

Masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SD dan masih belum optimalnya penggunaan media pembelajaran matematika di SD. Maka salah satu upayanya adalah dengan penggunaan media smart book. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Smart Book terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika SD dengan pokok bahasan bangun datar yang berfokus pada kemampuan kognitif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen (pre-eksperimen) dari pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Non Probality Sampling yaitu sampling jenuh dengan sampel sebanyak 21 siswa. Penelitian dilaksanakan di SDN Sindanghurip kecamatan Salawu. Instrumen yang digunakan adalah tes tulis berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata pretest =50,79 dan nilai rata-rata posttest =78,50. Hasil perhitungan uji t diperoleh = 11,51 dan = 2,08596, karena nilai = 11,51 diluar daerah penerimaan H₀ maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media smart book dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SD pada materi bangun datar yang berfokus pada kemampuan kognitif siswa tepatnya terhadap siswa kelas V SDN Sindanghurip
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN KOLASE MATA PELAJARAN SBDP DI KELAS IV SD Dea Asri Pujiasti; Silvi Putri AgustiPujiasti; Enang Tatang Munawar
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/caxra.v2i2.2038

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kreativitas siswa pada pembelajaran kolase mata pelajaran SBdP di kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu kelas IVA sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 20 dan kelas IVB sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 20, sehingga total sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah penilaian produk. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan data menunjukan hasil post-test thitung 8,376 lebih besar dari ttabel yang sebesar 2,037 maka Hα diterima. Sehingga dapat disimpukan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat mempengaruhi kreativitas kolase siswa pada mata pelajaran SBdP di kelas IV di SDN 2 Banyuresmi.
ANALISIS KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR DI MASA TRANSISI PEMBELAJARAN Luthfia Nilam Dewanti; Heru Purnomo
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/caxra.v2i2.2177

Abstract

This research was conducted with the aims to find out how far the mathematics learning ability of elementary school students during the learning transition. The method used in this research is a qualitative descriptive research method, with the samples used as the subject of this research as many as 3 elementary school students and the sampling technique used is purposive sampling technique. Based on the results of the students' mathematics learning ability tests conducted in this research, it was found that the FR subject got a score of 96 in the very good category, the MS subject got a score of 78 in the good category, and the ZV subject got a score of 80 in the good category. The avarage score of the students’ mathematics learning ability test results in this research was 84.6. Based on this, it is known that the mathematics learning ability of elementary school students during the learning transition period is currently in the good category.
PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBILANG DI KELAS 1 SEKOLAH DASAR Sipa Hayatul Pauziah; Ejen Jenal Mutaqin; Neni Nadhiroti Muslihah
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/caxra.v2i2.1990

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh media permainan tradisional congklak terhadap keterampilan membilang  di kelas 1 SDN 1 Sindangsari tahun ajaran 2021/2022. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-Ekperimental Design tipe One Group Pretest – Postest Design. Sampel dalam penelitian ini  satu kelas yaitu siswa kelas I dengan jumlah 22 orang siswa. Instrument yang digunakan berupa test. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil perhitungan yang menunjukan bahwa nilai thitung = 4,203 sedangkan ttabel = 1,721 dengan taraf signifikan α = 0,05 karena thitung = 4,203 ≥ ttabel = 1,721 sehingga thitung berada di luar daerah penerimaan H0,  maka Ha  diterima dan H0 ditolak, dimana Ha berbunyi “media permainan tradisional congklak tidak berpengaruh terhadap keterampilan membilang”. Sedangkan Ha berbunyi “media permainan tradisional congklak berpengaruh terhadap keterampilan membilang”. berdasarkan hasil penelitian tersebut maka “media permainan tradisional congklak berpengaruh terhadap keterampilan membilang”.
ANALISIS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KURIKU-LUM 2013 BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDLB 01 REJANG LEBONG Zahratul Fitria; Sukiman Sukiman; M Zaidul Kirom
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/caxra.v2i2.2200

Abstract

Abstract:The purpose of the study to analyze a curriculum that is currently used is the 2013 curriculum in Islamic religious education materials where this study focuses on children who have special needs. The research method used in this study is descriptive qualitative research which is conducted at SDLB 01 Rejang Lebong, one educator who as a subject, data collection techniques with interviews, observations and data analysis. The result of this research is that a special curriculum is needed for the subjects of Islamic religious education of children with special needs and there must be simplification in the material and evaluation which in this case must be in accordance with the characteristics of children with special needs in the application of learning models used classical class and one on one class models. Educators in informing learners are certainly needed a patience and varied learning methods can make learners not bored in learning. Keywords: Islamic Religious Learning, Curriculum 2013, Children with Special Needs.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI Yulia Agustina; Ejen Jenal Mutaqin; Muhammad Nurjamaludin
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/caxra.v2i2.1982

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Matematika siswa kelas V DI SDN 13 Regol. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Research dengan Non- Equivalent Control Group Design. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan program softwere SPSS, didapatkan hasil sig.(2-tailed) sebesar 0,000.  Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa nilai 0,000 < 0,05, artinya penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) memberikan pengaruh terhadap kemampuan literasi numerasi matematika siswa. Model RME memaksimalkan berbagai aspek literasi numerasi matematika dalam setiap tahapannya, sehingga selama proses pembelajaran siswa akan terbiasa dengan tahapan-tahapan yang bersifat literasi numerasi matematis.
MENGEMBANGKAN MINAT MEMBACA PESERTA DIDIK DI MI MATLAUL ATHFAL DENGAN KEGIATAN LITERASI Dewi Eka Kartini; Fitri Nur&#039;Aeni; Alvin Yanuar Rahman
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/caxra.v2i2.1976

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi perkembangan membaca siswa dalam kegiatan literasi membaca serta untuk mengukur tingkat kefasihan membaca yang dimiliki siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif yaitu dengan cara observasi langsung di kelas dan melakukan wawancara dengan kepala madrasah. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa, guru kelas, dan kepala Madrasah MI Matlul Athfal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa siswa yang belum dapat membaca dengan baik, minat membaca siswa masih kurang, hal ini membuat siswa kurang lancar membaca. Hal ini dapat diatasi dengan mengembangkan minat baca siswa dengan kegiatan literasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10